PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV
Abstract
Literasi matematis merupakan kecakapan siswa yang sedang digalakkan pemerintah melalui penerapan kurikulum 2013 yang menuntut siswa memiliki kemampuan tersebut. Kemampuan literasi matematis siswa Indonesia yang masih tergolong rendah perlu ditingkatkan, salah satunya melalui pengembangan perangkat pembelajaran yaitu LKPD yang mendukung kemampuan literasi matermatis sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV, (2) mendeskripsikan LKPD berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian ini yakni: (1) LKPD berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis. (2) hasil validasi diperoleh presentase kevalidan LKPD sebesar 87% pada kriteria “valid”. Hasil angket praktikalitas diperoleh presentase kepraktisan LKPD sebesar 86,94% dengan kriteria “praktis”. Hasil tahap implementasi diperoleh keefektifan LKPD sebesar 82,40% dengan kategori “efektif”.