MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 197/V PARIT LOPON PADA PEMBELARAN TEMATIK TEMA 2 DAN TEMA 3 MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING MODEL MIND MAPPING
Abstract
Tahun Pelajaran 2018/2019 merupakan tahun pelajaran perdana bagi SD Negeri 197/V Parit Lopon dalam melaksanakan kurikulum 2013, sehingga masih banyak mengalami kendala dalam praktek dilapangannya, hal ini terlihat dari rendahnya hasil penilaian siswa pada Tema 1 khususnya nilai muatan IPS. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar muatan IPS siswa kelas IV SD Negeri 197/V Parit Lopon pada Pembelajaran Tematik Tema 2 dan 3 menggunakan pembelajaran kooperatif learning model mind mapping. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana setiap siklus yang satu berkaitan dengan siklus lainnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah siswa yang yang mendapat nilai tuntas adalah 20 siswa atau 57,14%, yang belum tuntas adalah 15 siswa atau 42,86% dan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 35 siswa atau 100% sedangkan yang belum tuntas 0%. Disimpulkan bahwa pembelajaran kooperataif learning model mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar muatan IPS pada pembelajaran tematik tema 2 dan tema 3 kelas IV.